Jumat, 08 Januari 2010

Tugas Seorang Karyawan

Karyawan, kadang dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Karyawan mempunyai arti yang cukup luas, yaitu setiap orang yang dipekerjakan oleh orang lain dengan diberi imbalan/upah. Dikatakan luas karena meliputi kalangan yang bekerja di tempat elit seperti bank, kantor pemerintah, sampai mereka yang bekerja di lingkungan rumah tangga.

Karyawan mempunyai tugas tugas yang sudah ditentukan oleh atasannya atau yang mengatur. Biasanya karyawan tinggal melaksanakan hal yang diinstruksikan atau kadang juga bisa mengekspresikan kreatifitasnya sepanjang hal itu sepengatahuan sang pemberi instruksi.
Kecepatan, ketepatan, ketelitian dan kerapihan merupakan hal yang harus diperhatikan bagi seorang karyawan, karena hal itu menentukan penilaian atasan atas diri seorang karyawan. Masalah yang sering menjadi perhatian adalah ketepatan waktu, banyak perusahaan yang sangat ketat menerapkan disiplin waktu tetapi ada juga yang longgar.

Tidak sulit menjadi seorang karyawan asalkan sudah bisa mengikuti irama kerja, maka tidak perlu lagi capek capek berfikir mencari solusi suatu permasalahan karena pekerjaan yang dilakukan biasanya merupakan rutinitas sehari hari. Kecuali untuk beberapa bidang tertentu seorang karyawan dituntut juga memecahkan masalah tetapi biasanya bukan masalah yang rumit, karena masalah yang rumit pasti ditangani level yang lebih tinggi.

Diantara banyak karyawan di suatu tempat kerja biasanya ada satu atau beberapa orang yang menonjol atau menunjukkan kemampuan yang lebih dari yang lain, atasan pasti bisa menilai dan membedakan karyawan tersebut, dan merka akan mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri menuju jenjang yang lebih tinggi. Sebaliknya seorang karyawan yang tidak bisa mengikuti irama kerja seperti yang ditentukan atau kurang disiplin akan disisihkan/ diberhentikan dari pekerjaan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar